Saturday, October 20, 2007

Why Are They Wearing That?! Oh, Gimme a Break!!


Seorang pembokat rambutnya di rebonding, ber-make up kalo mo jalan.
Seorang office girl diperusahaan yang bergerak dibidang transportasi udara bergaya kaya’ seorang pramugari.
Seorang penjaga toko make contact lens berwarna.
Seorang pelayan restoran rambutnya persis kaya model or pemain sinetron.

Seorang ini bergaya kaya gitu, seorang itu bergaya kaya gini.
Hmm, apa yang salah sama itu? Jawabannya adalah TIDAK ADA!
Yang salah adalah kalo ada orang yang nganggep itu semua ga pantes. Kenapa? Atau pertanyaan yang lebih tepatnya adalah, kenapa ada orang yang nganggepnya ga pantes? Kalo emang ga pantes karna dia emang ga cocok secara fisik, it’s ok. Toh emang lebih baik kita make or bergaya yang lebih cocok aja secara fisik. Jadi ga keliatan maksa. Kesian juga kan kalo keliatan maksa? Walau itu juga sebenernya boleh-boleh aja. Terserah mereka juga. Tapi yang parah kalo gara-gara pekerjaannya? Ya ampun!

Adalah hak mereka mo bergaya apapun. Ga usah usil dengan nganggep mereka yang kerjaannya ga ‘tinggi’ lantas ga pantes untuk ini itu.

Sering kan, kita ketemu orang-orang yang mulutnya usil dengan bilang kalo mereka yang seperti contoh diatas ini ‘ga banget’ hanya karna profesinya. Lantas mereka tuh jadi bahan ledekan.

“Idih, pembokat aja genit banget sih. Rambut segala di rebonding! Udah gitu kalo mo jalan, dandan dulu!”

“Ya ampun, si A tuh ga banget deh! Gayanya udah kaya pramugari. Liat aja gaya makannya. Udah gitu pake-pake syal segala lagi! Kedinginan, mba?”

“Eh, eh,.. Mba yang itu liat deh! Matanya biru! Hihi.., gaya banget ya? Cuma jagain toko aja! Mo ngapain sih…?

“Kemaren gue liat gaya rambut kaya gitu tuh dipake ama pelayan dirumah makan. Biar pelayan, yang penting gaya!”

Dan segudang kata-kata remehan lainnya. Yang kesannya mengkotak-kotakin dan kasarnya mo bilang, “orang miskin mah ga usah bergaya deh!” Sadis!

Well, pastinya itu adalah hak mereka untuk bergaya apapun. Make apapun yang mereka mo pake. Selama mereka ga ngerugiin siapa-siapa. Dan bahkan untuk yang keliatan maksa secara fisik sekalipun. It’s ok!

Satu hal, kayanya emang lebih baik mereka begitu. Karna mo sampe kapan mereka nungguin hanya untuk melakukan atau memiliki apa yang mereka mau. Hanya karna profesi, maka mereka jadi harus meredam apa yang mereka mau selama ini. Dan lagi, kalo mereka sendiri jadi ga ngelakuin apa yang mereka mau lakuin karna terbentur profesi mereka, dan akhirnya mereka memutuskan untuk menunggu sampe pekerjaan mereka berubah, tapi itu pas mereka udah lebih tua misalnya, ya lebih ga pantes lagi kan? Mo gaya ini, gaya itu, udah keburu tua. Dan yang ada mereka cuma mikir, “Masa muda gue lewat gitu aja. Gue ga ngerasain itu. Kenapa pas saat itu gue ga ngelakuin itu aja ya?”

Atau udah keburu trend-nya lewat. Jadi mereka ga pernah bergaya apapun, dan gayanya cuma gitu-gitu aja. Padahal mereka pengen banget. Hidup kok kaya terkekang gitu?

Lagian, sekali lagi, usil banget ya pake mikir kalo mereka itu ga pantes segala. Ngasih komen ga penting pula! Oh, please!!

Ya, buat mereka yang pernah diginiin, express yourself lah! Ga usah pusing ama apa yang jadi profesi lo. Ga usah pusing ama apa kata orang! Selama lo ga ngerugiin siapa-siapa termasuk lo sendiri.

Mo bergaya? Silakan!

3 komentar:

de ayu said...

can't be more agree!! Buktinya ente aja bisa ikutan fitness.. eh maap ente dah bukan pembokat lagi ya hahahahaha..
Ps. akhirnya bisa juga konek nih komen.. bless me!!

unee.adisti said...

yahh.. saia juga setuju. cuma mungkin masalahnya adalah di masyarakat indonesia ( jieehhh..bahasanya.. ) yang belum terbiasa dengan ke-aneka ragaman. mereka masih percaya sama yang namanya "standard". Kelompok A, standard gaya,penampilan,cara bicara/berfikir itu spt ini.And so on..

I admit,I used to be one of those people. Orang2 yang "menilai"..
Tapi sekarang,gak lagi. Gw sadar,itu bukan hak gw..
Itu hak mereka untuk make' apa pun yang mereka suka.

Nice blog and nice point of view,Je.. :)

dHiiiiian Rummy said...

setuju bang gw...
Be your self ajah lagih...
Setiap Manusia punya hak yang sama, gak penting jabatan mereka apa....
Gak perlu nunggu jadi artis klo cuma mau pke syall kya Giring...
Dan buat yang mau beGaya...PD ajah lagihhh