Tuesday, November 6, 2007

Talk to the Hand!


Ngobrol adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Dengan ngobrol kita jadi bisa saling bertukar pikiran, berbagi cerita, saling tukar informasi, atau mungkin bergosip. Semua orang pastinya suka ngobrol, entah itu yang talkative atau yg emang ga terlalu banyak bicara sekalipun.
Ngobrol bisa aja dilakukan oleh dua orang, tiga orang, atau lebih. Bisa dengan teman, orang tua, atau siapa saja. Dan saat kita udah nemuin temen ngobrol yang enak, kita bisa ngobrol berjam-jam sampe lupa waktu. Dan yang paling enak kalo ngobrol itu sambil duduk-duduk, ngopi-ngopi, dsb. Hmm.. saling bicara, saling ngedengerin, berinteraksi.

Sayangnya ada orang-orang yang kalo ngobrol tuh ga ngenakin. Tipe ‘Talker’ tapi bukan seorang ‘Listener’. Dan yang selalu diomongin tuh, Me, me, me.. Always about me!’ Semua obrolan yang emang ga jauh-jauh dari seputar dia dan hidupnya. Bisa tentang orang-orang yg bikin dia bete, atau yg bikin dia hepi. Obrolan tentang pacarnya, nyokapnya, bokapnya, bosnya, temen kerjanya, anaknya, keponakannya, rencana-rencananya, apa yang dia tau, binatang peliharaannya, genteng rumahnya, pohon jambunya, sampah dirumahnya, dan semuanya, dan semuanya! Pokonya semua tentang dia!

Well, sebenernya oke aja kalo ada temen bicara yang maunya ngomong tentang dirinyaaa terus kaya gitu. Tapi ya seperti diatas itu tadi, dia ini talker yang bukan juga seorang listener. Jadi ya, ngomooooooonggg aja! Ga mau gantian. Yang betenya, tentang dia mulu lagi! Bla…bla…bla…

Ada juga yang kesannya minta nasehat si lawan bicara, eh begitu si lawan bicaranya ngomong, langsung dipotong! Atau misalnya emang ga minta nasehat, tapi giliran lawan bicaranya mau cerita juga, malah dipotong dan dilanjutkan lagi dengan omongannya atau ceritanya. Pastinya, giliran gantian orang yg diajak ngomongnya itu cerita juga, malah ga didengerin samasekali! Cuma sekedar angin lalu yang ga jelas maksudnya apa. Pokonya tiap si lawan bicaranya ngomong, dia langsung potong ceritanya dan kembali nyeritain yang dia mau ceritain. Yang kaya gitu sebagai lawan bicara yang bertukar pikiran? Apalagi disebut berbagi cerita? Ga mungkin bgt!

Orang-orang kaya gini sebenernya nyadar ga ya kalo mereka bukan teman bicara yang menyenangkan? Bahkan teman bicara yang bisa dibilang rese! Emangnya dia siapa sampe bisa mikir kalo omongannya itu sebegitu pentingnya untuk diceritain? Dan bisa lantas menjadikan orang lain sebagai penumpahan segala uneg-unegnya lewat omongan tanpa mikirin kalo yang ‘ditumpahin’ itu mau apa engga? Tanpa mikirin kalo yang ngedengerin itu juga mau atau perlu didenger? Dan lagi, ini juga ga bisa disebut sebagai ngobrol tentunya! Ngobrol itu adalah saling bicara satu sama lain, bukannya yang satu ngomoooooong aja, sementara yang satu cuma jadi kambing conge yang akhir cuma bisa ngeluarin kata-kata, ‘oh iya ya? he’eh, oohh.., wah..’ dan senyum-senyum kepaksa, serta ekspresi yang dibikin-bikin karena ngerasa ga enak, dan ngangguk-ngangguk kaya ayam lagi celeng (eh, itu mah geleng-geleng ya?), yang sebenernya juga dilakuin ama mereka yang ngomong melulu itu pada saat yang ngedengerin gantian ngomong, tapi tentunya bukan karena ngerasa ga enak. Tapi biar omongannya cepet-cepet kelar, biar dia bisa ngelanjutin omongannya lagi (Ini ga lebih baik daripada motong omongan!).

Kalo emang mau dianggep omongannya atau bahkan cerita hidupnya itu dianggap penting, jadilah juga seorang pendengar yg baik. Semua itu sebenernya ada timbal baliknya. Dan mereka juga harusnya nyadar bahwa, lagi-lagi, orang itu sejajar. Ga ada hal yang lantas nentuin kalo misalnya cerita dia lebih layak didengerin sementara cerita lawan bicaranya ga ada penting-pentingnya sama sekali.

So, mau cerita panjang lebar tentang diri sendiri sampe mulut berbusa, sampe rambut yang keriting jadi lurus ampe balik lagi jadi keriting, ya boleh-boleh aja, asal gantian! Gantiannya juga yang beneran! Be a talker and also be a listener! And be the good one! Daripada akhirnya disodorin tangan en paling parah.., ember?! Hehe… pilih mana?


picture by. TJ

2 komentar:

Anonymous said...

dude.. it wasn't me..??!! Jaaa..

dhiiiiian said...

iyah tuh ada orang yg kya gitu...
mau didengerin tapi gak mau mendengarkan
hummm....gak bgt dehhhh'''''

Hidup itukan saling membutuhkan...
ya gak... ^_^