Monday, March 24, 2008

Dedicated to Beautiful People (Eeeh...?)


Menjadi seseorang yang ganteng dan cantik adalah suatu hal yang nyenengin. Bahkan nguntungin. Percaya atau engga, banyak kemudahan yang bisa diperoleh gara2 ini. Buktinya dibanyak lowongan kerja umumnya ada tulisan ‘berpenampilan menarik’ sebagai salah satu dari syaratnya. Bahkan banyak orang yang lebih respek ama mereka yang ganteng atau cantik. Yang ganteng bisa aja dilayanin dengan senyuman waktu beli tiket dibioskop. Yang cantik bisa aja duduk ditempat yang enak saat tempat yang lainnya ga begitu nyaman. Dan pastinya satu yang paling umum adalah jadi ganteng atau cantik itu banyak yang naksir. Mudah dijatuhi cinta. Dan mungkin, mudah dapet pacar.Hmm…

Dan kalo siganteng atau sicantik itu sebagai orang yang ditaksir, biasanya mereka malah bisa ‘pasang target’. Alias milih2 yang mana yang bener2 bagus buat mereka. Mereka nentuin kriteria mana yang pantes untuk jadi pacar mereka. Ya, karena mereka emang banyak yang naksir. Jadi bisa milih.

Dan kalo mereka yang naksir seseorang, umumnya mereka gampang dapetinnya. Kan cantik, kan ganteng. Hehe..

Hmm, hal yang sebaliknya sayangnya sering terjadi ama mereka yang ga ganteng dan ga cantik. Bukan bohong kalo beberapa ada yang ditolak gara2 penampilan mereka di tempat kerja. Diperlakukan kurang sopan juga bisa terjadi. Paling engga, senyuman penjual tiket bioskop ga mampir ke pemilik tampang yang ga ganteng. Atau tempat duduk yang nyaman ga beralamat ama si ga cantik.

Atau kadang kita suka menganggap kalo ada orang yang ga ganteng dan ga cantik itu paling aneh kalo mereka mau punya pacar yang kira2 kriterianya kita pikir lebih kayak ‘diatas jangkauannya’.

Dan yang paling ga adil adalah, kalo misalnya ada yang ditaksir ama yang ga ganteng atau yang ga cantik. Ada yang malah suka bete kalo ini terjadi. Ya kan? Well, mereka mungkin bisa aja lalu ditanggapin dengan baik. Tapi ada yang suka nanggepinnya dengan malah bertingkah kurang ajar sama mereka. Ya, karena ngerasa ditaksir dan yang naksir emang ga cakep makanya jadi belagu banget. Ga nganggep gitu. Salah apa mereka yang ga ganteng atau ga cantik itu kalo naksir ama orang? Kan itu hak mereka mau merasa apapun kepada seseorang. Dan karena diperlakukan songong dan sembarangan, mereka akhirnya jadi marah. Ada aja yang akhirnya mikir, “..diih.. sok ganteng banget sih lo! Marah ceritanya? Ga penting!” atau “Kaya cantik aja nih cewe, sok ngambek segala ama gue!”

Atau misalnya kita liat di suatu acara infotainment. Ada seleb yang dapet suami ganteeeng banget. Sementara si seleb ini ga cantik2 banget. Dan akhirnya si seleb yang ga cantik ini malah minta cerai dari si cowok ganteng itu. Kita yang liat sering berujar, “kaya cantik aja nih artis. Udah untung dapet cowo ganteng.” Padahal kita ga tau pasti kalo si cowo yang ganteng itu kelakuannya gimana sampe si artis itu kabur. Pendeknya jadi pertanyaan, emangnya mentang2 ga cantik, ga boleh bete ama yang ganteng?

Atau ada seleb cowo yang tampangnya ga ganteng yang benci banget ama mantan cewenya yang ternyata selingkuh saat mereka masih jadian. Dan dia marah didepan kamera infotainment. Yang ada, ga beberapa lama ada forum diinternet yang isinya umumnya bilang kalo dia ga pantes marah. Dan tololnya, dianggap ga pantesnya dia marah itu gara2 dia ga ganteng. Kurang lebih bilangnya gini, “Itu penyanyi itu ga ganteng aja belagu. Pake marah2 segala. Udah untung ada cewe cantik mau ama dia. Waktu pas denger suaranya sih oke, tapi liat tampangnya gue jadi males! Apalagi marah2 kaya sekarang, makin males!” plus emoticon yang lagi ngamuk dan tomb down.

Bodoh kan?? Emang marah ada hubungannya ama fisik?? Dan kenapa juga harus dihubung2in ama fisik? Picik amat!

Yah, kita emang sebaiknya memperlakukan orang dengan baik lah. Ga usah beda2in. Apalagi bedainnya dari fisik. Waduh.., jangan udah nyebelin terus bego pula! Mau ganteng atau engga, mau cantik atau engga, mereka, kita, ya sama aja. Sama2 manusia. Sama2 layak dihargai.

Jadi kalo misalnya ada yang mukanya ga ganteng dan ga cantik ya boleh2 milih pacar yang bener2 tepat buat dia walau kriterianya ‘tinggi’. Emang kenapa? Ga boleh??

Yang ga ganteng atau ga cantik, ya boleh2 aja naksir ama kita (yang ganteng dan cantik ini). Dan ga perlu bete gara2 ini. Dan kalo emang ga ganteng atau ga cantik yang naksir, bukan kita jadi sembarangan ke mereka kan? Atau kalo yang ga cantik atau ga ganteng ditaksir sama yg ganteng atau yang cantik tapi yang ditaksir itu nolak, ya boleh2 aja. Emangnya mentang2 ganteng atau cantik ga boleh ditolak, gitu?

Dan satu hal lagi, kalo ngerasa ganteng atau cantik, ga usah belagu juga. Itu bukan segala2nya. Emang sih kaya ditulis diatas kalo itu banyak nguntunginnya, tapi kalo emang orangnya nyebelin, ya tetep aja ga ngaruh! Ga akan ada perlakuan yang baik dan nyenengin kalo emang secara fisik bagus tapi kelakuan ga bagus. Paket yang bagus, bungkus yang bagus, tapi isinya ga beres. Karena banyak kan yang ganteng dan yang cantik itu justru yang orangnya nyebelin? Entah karena sering dapet perlakukan baik dan semacamnya. It’s not that all, dude!

Hey, lagi pula kan kita semua pasti diciptain ganteng dan cantik. Masa Dia nyiptain kita asal2an? Kan ga mungkin. Kalo emang kita ga sesuai menurut standar ganteng atau cantik pada umumnya, ya bukan berarti jelek. Yang Maha Sempurna ga mungkin 'salah cetak'. Termasuk ganteng atau engga, cantik atau engga, ya pasti hanya tergantung standar pada umumnya orang disebut cantik dan ganteng, atau standar masing2 orang yang liat.

Hmm, eniwe, anda termasuk yang ganteng atau bukan? Yang cantik atau bukan? Kalo bukan, ga boleh baca tulisan ini. Hahahahaha…

18 komentar:

Ronn said...

waduh, berarti gw boleh banget baca blog ini *gubrak*

Ngomong-ngomong soal ganteng/cantik, gw setuju bgt ama lo. Orang-orang yg berparas diatas rata2 emang punya bargaining position yang lebih kuat. Apalagi dalam hal asmara.

Tapi bagusnya masih banyak kok orang yang bisa ngeliat orang lain more than just skin deep.

Lagian, beauty is in the eyes of the beholder. Betoll!?!?!?!?

aprie said...

saya ganteng lo mas. gak percaya? tanya ama cewq. he....plak!!

Dzofar said...

@Kalau aku justru suka yang nggak cantik. soalnya biar imbang gitu. masak udah ganteng dapat cantik sih? kasihan yang jelek dong.

Ratie said...

Kalo buat saya, cantik itu ga penting!! Dan saya ga setuju kalau yang cantik itu selalu lebih beruntung. Yang penting itu kita bisa berpenampilan menarik (menarik ga harus cantik lho..), sehat dan bersih! Apalagi kalau pinter dan punya kepribadian yang bagus.. Orang udah ga akan liat lagi kita cantik apa engga. For me, it's just a bonus. Hehe..

galuh said...

waduh aku ga boleh baca dong?
tapi bodo amat deh...
aku setuju banget ma kamu
kebanyakan orang sekarang liat fisik aja.
tapi liat orang ganteng itu emang enak sih, gimana dong?
tambah vitamin A. hehe...
cuman kalo ganteng/cantik tp nyebelin ya males juga.. ganteng/cantik tapi bego..hmmm males jg tuh.. tapi lumayan deh drpd nyebelin.

Eucalyptus said...

Pernah denger ada motto yg menyebutkan semua wanita itu cantik (soalnya aku kan cewek, jadi enakan ngomongin sesama cewek aja deh). Tapi dari sudut mana kita ngeliatnya. Ada yg cantik tapi gak menyenangkan, ada yg cantik bener2 cantik luar dalam, ada juga yg biasa2 aja tapi begitu menyenangkan dan gak bosenin.... Nah ini yg dinamakan inner beauty.
Kalau inner beauty udah ok pasti tampilan luar juga kebawa ok tuh

ijal said...

wah setuju bro..

tapi ganteng/cantik tidak mempengaruhi kesuksesan seseorg..

Mama Rafi said...

cantik itu bisa jadi kelebihan sekaligus kelemahan. anyway kok aku jd rada tersinggung yah baca judulnya xixixii.....

NeZ♡ said...

yg penting dalemnya donk
dont judge a book by its cover..hehe

Ririe said...

Untungnya gw termasuk yang cantik dan ngga milih-milih hwuhahaha..joking J! Menurut gw mau cantik apa ganteng or ngga dalam hal apapun punya hak yang sama (jgn lupakan kewajiban juga yach!), tapi nggak bisa dipungkiri kalau fisik berperan di duniawi baik itu kerja, jodoh dsbnya.

Dalam agama sendiri kita diwajibkan menjaga kecantikan, bahkan dalam mencari jodoh kerupawanan termasuk dalam salah satu kriteris, hanya saja jika kualitas AGAMA sudah jempol punya, cantik-ganteng jadi nomor sekian.
That's why kita harus menjaga kecantikan / ketampanan kita. Menjaga kesehatan, penampilan, tutur kata adalah salah satu cerminan untuk mnejadi cantik & tampan.
that's why gw selalu merasa 'cantik' di kala gw sehat (tidak gemuk berlebihan, coz gemuk adalah sarang penyakit), sedang senang hati, jatuh cinta, dan ketika positif2 lainnya.
So..be positive always adalah kunci menjadi cantik/tampan.
masalahnya syusyenya menjadi positif.

The Armstrong said...

Ehhhh gw neh ga ganteng, ga jelek juga??? trus ga biasa biasa juga??? gimana neh???

Tapi kata orang orang seh gw punya karismatik *halah* yg bernama KEREN, yg konon orang kayak gw neh cuman muncul dalam dekade 800 tahun sekali... *trus orang yg bilang itu ga tau ada dimana sekarang* coz sehabis dia bilang itu gw langsung terjaga dari tidur gw!! *gdubrak*

Trus ada lagi gw neh jg berpenampilan konyol, jadul, ama cupu loh? (tapi tetep kata orang orang klo gw neh keren)

disamping itu gw juga orangnya goblok, pemalas, bandel, plus nyebelin super duper...?

Pertanyaannya adalah?

Gimana kira kira pandangan orang orang jika ketemu ama makhluk seperti ini???

mpokb said...

siapa sangka, ternyata punya mata itu bisa jadi kekurangan juga. karena melihat bisa membuat kita jadi kurang peka merasa dan menilai seseorang yak..

ardhi nugraha said...

aku masuk ngga' ya?

tapi klo lebih baik lagi dapat jodoh yang luar cantik dan dalamnya juga cantik...

berusaha yuks...

hptcommunity said...

waah...Mas TJ...
tulisan2 anda cukup menginsprasi

akan tetapi untuk postingan yang satu ini ada pengecualiannya mas...

coba anda tengok blog kami,d'Bananas (www.fantasticplasticbananas.blogspot.com) maka akan mas temui sekumpulan mahasiswa2 ganteng (ato biasa kami sebut 'Ganz') yang bernasib sangat naas...terutama masalah cinta...

tapi walopun naas kami tetap ceria kok...karna kami d'Bananas

ciao,
Bananas Crew

dHiiiiian Rummy said...

bang..bang...gw termasuk gak???hahahahaha

Menurut gw, apapun ciptaan Allah harus disyukuri, cantik atau jelek kan gak bisa juga dinilai secara fisikly klo hati nya gak cantik mah percuma bang.

Mungkin klo cantik dan ganteng itu nilai plus buat manusia itu sendiri, yah syukur2 bisa dimanfaatkan juga kearah yang positive.

Jatuh cinta dengan makhluk tuhan yang cantik or ganteng, menurut gw siy sah2 ajah.secara kita punya sepasang mata untuk melihat, dan klo kita melihat sesuatu / seseorang yang indah dan sampai jatuh cinta, itu siy wajar ajah ko, dan sah2 ajah.

Tapi buat orang yg merasa cantik or ganteng, jangan juga jadi sombong...
inget lho kita kan gak tau apa yg akah terjadi 1 detik kedepan...hehehe

Emang gak bisa dipungkiri, punya wajah cantik dan ganteng terkadang lebih diprioritaskan dalam pekerjaan tertentu...(tertentu lho...gak semuanya)

Urusan pacar, suami or istri hehehehe
gw percaya deh jodoh ditangan tuhan.

mia said...

tul..betul.. dirikyu pernah gagal gara2 kalah cakep walopun jelas2 ga kalah pinter.. hiks..

Nizma, Adam+Isya's mom said...

mba postingannya bagus deh hehehe....
aku boleh gak pake imagenya? untuk pageku di facebook.
thanks mba...

Nizma
http://cantikmenarikbanyakduit.info

Nizma, Adam+Isya's mom said...

aduh maap donks
bukan mba tapi MR TJ hehehe
nggak ngeh nih.
sorry ya :)