Monday, November 19, 2007

Gila Hormat, Hormat Gila,... Gila Lo!

Dalam hidup kita pasti ada orang2 yang posisinya lebih tinggi dari kita. Kalo disekolah ada guru dan kakak kelas, dikampus ada dosen, dikantor ada atasan atau juga rekan kerja yg posisinya diatas kita walau hanya untuk urutan struktural kerja.

Kita pasti hormat ama mereka. Ga usah disuruh, ga usah diatur, pasti dengan sendirinya hormat. Toh emang pada umumnya, kebanyakan lebih tua juga.

Tapi pastinya diantara orang2 yg posisinya lebih tinggi itu ada juga yang kayanya bikin kita serba salah. Begini salah, begitu salah, semuanya jadi serba salah. Kita jadi parno. Dan hal terjadi karena kita mikir, apa kita bakalan kena hukuman, sanksi, atau mungkin SP (Surat Peringatan) bagi yang udah kerja. Or digebugin rame-rame ama gank kakak kelas. Dan itu semua hanya karena satu hal, dianggap tidak menghormati! Padahal mungkin sebagai yang posisinya ‘dibawah’ mereka, kalopun salah, salah yang kita punya yang sebenernya masih bisa ditolerir or masih masuk akal. Tapi tetep aja, salahnya kesannya salaaaahhh banget. Dan ya itu tadi, kesannya langsung nganggepnya ga menghormati.

Hmm, apa yang terjadi ama orang-orang kaya gini? Kenapa ada guru or dosen yang dikit-dikit marah, kadang-kadang ada juga yg sok galak banget? Kalo dikantor, ada juga yg atasan yg ribet. ‘Harus-harus’nya tuh ampe ga masuk akal. Dikit-dikit meeting untuk masalah peraturan kerjaanlah, dikit-dikit ngasih SP lah, apalah. Atau yang misalnya laporan yang kita kirim ke divisi lain, yg secara struktural kerja diatas kita, tulisannya salah sedikit atau ga jelas lantas dikembaliin kedivisi kita, padahal untuk minta tanda tangan atasan aja susahnya bukan main. Atau kakak kelas yg sok senior, sok paling jago. Dan kalo kita salah dikit, langsung deh kita ‘dihukum’.

Dipanggil orang tuanya, disuruh menghadap keruangannya, dikeroyok rame-rame, dikasih SP, dan sebagainya tergantung dimananya. Dan ujung-ujungnya mereka beranggapan itu semua karena kita ga menghormati?
Mereka, orang2 yg posisinya lebih tinggi itu ga nyadar, ga usah gitu2 amat kita juga menghargai kok! Kita juga menghormati kok! Kenapa kayanya jadi menghormati dan menghargai mereka lantas seolah2 settingannya harus kaya jaman kerajaan2 gitu? Ribet bgt!!

Yang ada sebenernya kita harusnya kesian ama mereka. Para guru-guru or dosen yg kayanya haus disopanin, atau atasan yg kayanya mengais-ngais untuk dihormatin. Atau divisi lain dikantor yg sok galak. Atau kakak kelas yg ga penting itu. Mereka yg kaya gini tuh ga pede banget. Dan pengennya dihormati berlebihan. Justru yang kaya gini ga ada wibawanya. Yg ada kita cuma nurut-nurut palsu.
Gila hormat! Makan tuh hormat!

3 komentar:

aca said...

Hmmm...posting anda menarik sekali bung...
memang gila hormat sangat tidak wajar..
Tapi, mungkin inilah yang namanya orang yang mencari perhatian dengan embel2 status yang lebih tinggi, kesangarannya, kegaharannya,kekuatannya...

ria said...

iya, emang rese klo pny kk kls yg sok senior!!

unee.adisti said...

blog ini mengingatkanku pada dua SENIOR di kerjaan. Yang satu sih emang udah tuwir.. anaknya udh dua.. yang satu lagi.. dua tahun dibawah saia umurnya,tp dia duluan kerja disitu setaon.. that's why she likes to call herself.. "SENIOR".
Yang bikin aku heran, orang2 selalu mengatasnamakan KESENIORITASAN untuk mendapatkan penghargaan dari orang lain. Padahal, kalo kita mau orang lain menghargai kita, itu seharusnya ,sekali lagi.. SEHARUSNYA ,karena sikap kita. Cara kita memperlakukan orang lain.If you want respect, you work for it. Penghargaan dari orang lain itu butuh usaha, bukan sesuatu yang di dapet gitu aja di pinggir jalan.
Nah..
kembali ke dua perempuan laknat tadi (hweheheeheh).
Awalnya sih aku coba menghargai, yang satu krn dia udah jadi seorang ibu, yang satu lagi karena dia manusia dan rekan sekerja.
Tapi.. sepertinya.. sia2.
Kenapa ??. Karena mereka sendiri gk bisa menghargai orang lain. Gimana mau dihargain ama orang lain.
Jadi,sekarang,aku sih udh ga ambil pusing sama mereka. Mau ngata2in aku apa aja dibelakangku juga terserah. Yang penting (di kantor) aku ngerjain apa yang udh jadi tugasku dengan baik.
Karena aku kerja buat atasan,bukan buat mereka !! (curhat.. hweheheeh ).

Jadi..
kalo emang kita pantes untuk dihormatin ama orang lain, rasa hormat,menghargai dan mengagumi itu akan datang dengan sendirinya kalo kita lebih dulu melakukan hal2 tsb ke orang lain.. :).


Aish..tua banged si unee.. :P..