Wednesday, December 5, 2007

Nun Jauh Disana...

Bintang kecil dilangit yang biru
Amat banyak, menghias angkasa
Aku ingin terbang dan melayang
Jauh tinggi ketempat kau berada

Waktu kecil hampir semua dari kita pasti pernah diajarin nyanyi. Salah satu lagu yang sering diajarin kekita waktu kecil ya, lagu Bintang Kecil ini. Lagu ini adalah lagu tentang keindahan akan bintang yang keliatan kecil karena letaknya jauh dari kita. Karna kecil, bintang-bintang yang banyak itu jadi keliatan bagus banget. Kelap-kelip, bertaburan, dan ya, menghias angkasa. Membuat langit tampak lebih indah.

Hmm, selain bintang ada lagi benda angkasa yang juga kelihatan indah. Yaitu, bulan. Apalagi kalo lagi purnama. Bentuknya bulat bersinar. Wah, indah banget.

Keindahan lainnya yang bisa kita nikmati adalah pemandangan alam. Dari jauh pemandangan alam itu nampak bagaikan lukisan yang dari setiap detailnya terlihat begitu sempurna. Ada pemandangan air terjun, pegunungan, kebun teh, laut, dan sebagainya.

Keindahan dari pemandangan-pemandangan ini juga akhirnya memberi inspirasi buat para pelukis untuk mengabadikannya dalam karya-karya mereka, dalam banyak aliran-aliran dalam seni lukis. Dan jadilah lukisan dengan pemandangan yang menjadi objeknya. Lukisan yang indah. Tentunya lukisan juga ga hanya menjadikan pemandangan sebagai objeknya. Tapi bisa yang lainnya. Lukisan foto, dan lain-lain.

Semuanya hal-hal diatas ada kesamaannya. Yaitu, lebih indah kalo diliat dari jarak jauh. Semua seperti menyatu dalam sebuah kesempurnaan yang emang harmonis banget. Cocok satu sama lain. Pokonya pas aja dimata kita.

Mungkin kalo bintang bener-bener kita deketin, keindahannya ga bakalan sama dengan kalo kita liat dari jauh. Ga bakal bekilau seberkilau kalo dari jauh. Malahan mata bisa silau kalo kedeketan. Atau mungkin malah bahaya. Kaya matahari yang emang sebenernya juga bintang itu. Yang ada, kebakar aja gitu! Pastinya, kalo bintang kita liat dari jarak yang bener-bener deket alias kita datengin, tentunya bintangnya ga bakal keliatan bertaburan seperti kalo kita liat dari bumi. Dan begitu juga bulan. Seperti yang kita tau, bulan itu kalo nampak deket malah bopeng-bopeng.

Atau pemandangan, yang ga bakalan seindah yang kita liat dari jauh kalo kita berada ditengah-tengah pemandangan itu sendiri, yang tadinya kita liat dari jauh. Pegunungan yang dari jauh keliatan kaya lukisan, begitu kita ada disitu, yang kita liat adalah pepohonan yang tingginya jauh diatas tinggi kita. Dan mungkin jalan setapak yang becek, dan meletihkan untuk ditempuh. Lautan yang begitu indah, tapi bayangin jika kita ada ditengah-tengahnya? Hmm..

Begitu juga lukisan. Tentunya kalo lukisan emang ga hanya lukisan pemandangan alam aja. Tapi bisa juga lukisan foto seseorang, dan apapun yang bisa dilukis dengan berbagai alirannya. Seperti yang dibilang tadi. Dan semua lukisan baik apapun yang dilukis dan apapun alirannya, bakalan enak untuk diliat dan kita nikmatin dengan ngeliatnya dari jarak tertentu, yang pastinya itu ga deket. Coba deh deketin sebuah lukisan. Liat lukisan itu dari jarak yg dekeeet banget. Yang ada, lukisan itu malah keliatan cuma guratan-guratan yang justru ngebingungin maksudnya apa.

Well, dalam dunia ini emang banyak hal yang justru jauh lebih indah kalo kita ngeliatnya dari jauh. Mungkin ada yang emang indah kalo liat dari deket, tapi jauh lebih indah kalo liatnya dari jauh. Atau justru lebih indah kalo emang letaknya ada nun jauh disana.

Hal ini juga sama dengan hidup kita yang sebenernya tanpa kita sadari justru kita kadang jadi jauh lebih ngerasa nyaman ama hal-hal yang indah tapi yang ga kita punyai. Yang kita hanya bisa liat dari jauh, kita bisa kagumi dari jauh, kita rasa nyaman kalo kita ga berada deket.

Dina suka banget seorang cowo yang satu kampus dengannya. Dia terkagum-kagum ama sang cowo sampe kebayang terus wajahnya dimanapun Dina berada. Secara fisik, cowo ini bikin Dina ga bisa untuk berhenti curi-curi pandang tiap kali mereka ketemu. Apalagi Dina akhirnya tau ada hal-hal lain yang cowo ini miliki. Punya banyak teman, pintar, dan sebagainya.

Sampe ada suatu kesempatan, dimana mereka berdua jadi saling kenal. Dan ternyata, sang cowo selama ini juga suka sama Dina. Akhirnya, setelah proses ini-itu layaknya orang yang pedekate, mereka jadian. Setelah jadian, ketauan deh aslinya sang cowo yg ternyata bukan hanya ga sebagus yang dia kira, tapi emang ancur banget! Segala sesuatu yang akhirnya Dina tau lebih dalam lagi karena kini Dina udah lebih mengenalnya. Walhasil, hubungan selesai sampe disitu. Kekaguman? Lenyap begitu aja.

Buat Lisa, seleb yang berinisial B adalah seleb yang paling pantes jadi idolanya. Dia punya kelebihan yg dimata Lisa lebih dari seleb-seleb lainnya. Pokonya, Lisa ngefans banget ama seleb yang satu ini. Akhirnya, setelah udah bertahun-tahun dia ngefans doang dan cuma bisa ngeliat dari tv, majalah dan media-media lainnya, Lisa berkesempatan ketemu ama sang idola. Tapi pas udah ketemu gitu, sang idola ngecewain banget. Lisa lantas diperlakukan yang ga pantes. Pastinya, ini bikin Lisa berubah. Dari terkagum-kagum jadi eneg! Lisa jadi mikir, mendingan dia ga usah ketemu kalo gini ceritanya. Lisa mikir, ‘kayanya kok dia emang lebih mengagumkan kalo gue cuma tau dari media ya, yang kaya selama ini gue tau aja’.

Dani punya temen yang kenal dari dunia virtual. Awalnya dia kenal sama seseorang yg bernama Gwen itu dari sebuah website. Akhirnya mereka jadi saling kirim message dan lama-lama jadi suka chatting. Pada suatu kesempatan, mereka akhirnya ketemu. Dan ternyata persahabatan yang begitu asiknya selama ini yang terjadi diantara mereka didunia maya itu ga terjadi didunia nyata. Pas udah ketemu, ternyata satu sama lain ngerasa ga cocok. Yang satu ngerasa yang satunya ilfeel ama yang lain, yang lain ngerasa sitemen dunia maya-nya itu ga se-asik waktu chatting.

Kakak beradik Reno dan Aldi dari kecil emang udah sering banget ribut. Dari anak-anak. Orangtuanya aja sampe bingung kenapa dua anak ini ga ada akur-akurnya. Sampe pada saat liburan sekolah, mereka liburan tapi ga barengan alias misah. Nah, saat itulah mereka malah saling kangen. Emaknya jadi makin bingung. Kalo jauh aja kangenan, kalo deket kaya anjing ama kucing. Hal ini berlanjut sampe mereka dewasa dan berumah tangga. Rumah keluarga Reno bersebelahan ama keluarga Aldi. Ketebaklah kejadiannya. Mo udah dewasa kek, mo masih anak-anak kek, tetep aja rame. Rame karena keributan. Adaaa aja yg jadi bahan berantem. Ini entah dua-duanya ga dewasa, atau emang apa. Pastinya kalo emang mereka ga ribut, anak-anak mereka lah yang kelakuannya persis mereka waktu kecil dulu. Berantem ga jarang-jarang. Karena kejadiannya gini-gini mulu, ya udah salah satu dari mereka akhirnya pindah. Bukan hanya ribut-ribut yang akhirnya jadi lenyap, tapi mereka jadi super akur kalo ketemu. Damai bgt. Pokonya semuanya beres. Kalo deket bau busuk, kalo jauh baunya wangi. Kayanya pepatah orangtua jaman dulu yg nyeleneh ini kepake banget nih!

See, there are a lot of things that actually better if they’re far away. Ada hal yang justru lebih baik kalo emang jauh. Yang hanya kita liat aja, hanya kita kagumi tanpa memiliki, hanya kita bisa bilang yang terbaik kala kita ga terlalu tau atau ga terlalu deket. Ga tergapai kita, ga termiliki ama kita, ga tergenggam ama kita.

So, kalo ada hal-hal atau mungkin orang-orang yang emang jauh dari kita, ya.. biarin aja lah jauh, karena mungkin itu yang terbaik.

Atau kalo kita misalnya punya keinginan, dan keinginan itu ga kesampean walau udah diusahain sedemikian rupa, ya udah. Biarin aja. Toh mungkin itu adalah hal yang terbaik dengan engga mencapainya. Tapi hanya dengan mengaguminya aja. Bukannya ini berarti kita lantas jadi orang yang menyerah tentunya. Hanya aja, sekali lagi, ada hal-hal yang emang lebih baik tidak memilikinya. Hmm, ga meraihnya, ga memiliki, ga deket, ga akrab, ga ketemu.

Well, ga usah kita terbang dan melayang untuk berada bersama bintang disana kan? Biarlah itu menjadi sebuah lirik lagu yang akan selalu indah jika kita menyanyikannya sambil mengingat masa kecil kita yang bikin kita suka tersenyum dan mungkin malu sendiri karena terkenang, atau saat orang-orang tua kita menceritakannya kepada kita. Masa yang sudah berada jauh sekali dari sekarang.

Nun jauh diujung sana, ada sebuah keindahan yang akan selalu indah, jika kita melihatnya dari sini…

7 komentar:

de ayu said...

NICE ONE..!!
and perhaps there're things better left unspoken..!!

unee.adisti said...

Huff.. !. knp sih,stp mau ninggalin komen,gw lebih yakin kl gw bakal sekalian curhat juga,Je ??.. Huhuhuhu...
Yah..kadang memang lebih baik untuk ga tau aja.It's better not to know.

Gw lagi ngerasain apa yang dirasain si "dina" lo itu.Mengagumi seseorang dr kejauhan.Di satu sisi, gw pengen sedikit "mendekat", tp disatu sisi,mgkn bisa dibilang,gw takut.
Takut kl dia isn't as good as I imagined.
Ato malah sebaliknya, he could be better (ehem) then I thought dan itu akan makin buat gw suka sama dia.

Huhuhu..ngerasa bego aja gw nih.. :(..

Tuh kan ?.. sekalian curhat ?!!..hahahahahaha..

Anyway...
intinya ,gw stuju ama mba' Kd.. some things are better left unspoken. :)

unee.adisti said...

Eh..nambah satu lagi ( hihihi...ngelunjak )..

cuma kl dipikir2..
kl kita ga tau lebih banyak,gimana kita bisa tau apa yg mau dilakuin ?.

kl kita tau ternyata dia ga sesuai harapan kita (atau sebaliknya),seenggaknya kita bisa tau what should be our next step.
To get over that person or not.

TJ : plin-plan lu,un..!.

unee: maap,je..emg lagi bego aja gw bbrp hari ini. hwehehehhe...

TJ : emg biasanya nggak ?.

unee : ........

empe said...

hm....

kalau hanya memandang dan menikmatinya dari kejauhan...

kita gakkan tahu realitanya seperti apa

pilihan terbaik yang gw rasa adalah tetap mendekat dan menerima kenyataan.. menerima apapun yang tertulis padanya

well..
just my 2 cents..

dHiiiiian said...

Kita akan jauh lebih mengerti dan memahami seseorang klo kita sering ketemu dan berkomunikasi sama orang tersebut....
Kita juga bisa tau baik dan buruknya sifat orang tersebut..

Tapi klo kita jauh dan jarang bgt berkomunikasi dengan orang tsb, mana kita tau baik dan buruk nya sifat dia....

klo kata pepatah
"tak kenal maka tak sayang" hallah
hehehehe

amoebasterix said...

hmmm... kok gw ngerasa ini ada hubungannya sama gw yah...???

TJ said...

to amoeba:

really? coz, it was written long time ago before i knew u..

and anyway, why do u thing so?